Submit

Sunday 2 October 2011

0
Eugen Goldstein

Do you want to share?

Do you like this story?

Eugen Goldstein (5 September 1850 - 26 Desember 1930) adalah seorang fisikawan Jerman. Dia adalah seorang penyidik awal tabung debit, penemu sinar anoda, dan kadang-kadang dikreditkan dengan penemuan proton.

Goldstein adalah lahir pada tahun 1850 di Gleiwitz Silesia Hulu, sekarang dikenal sebagai Gliwice, Polandia. Ia belajar di Breslau dan kemudian, di bawah Helmholtz, di Berlin. Goldstein bekerja di Observatorium Berlin 1878-1890, tetapi menghabiskan sebagian besar karirnya di Observatorium Potsdam, di mana ia menjadi kepala bagian astrofisika pada tahun 1927. Dia meninggal pada tahun 1930 dan dimakamkan di Pemakaman Weißensee, Berlin.

Pada pertengahan abad kesembilan belas, Julius Plücker menyelidiki cahaya yang dipancarkan dalam tabung discharge (tabung Crookes) dan pengaruh medan magnetik pada cahaya itu. Kemudian, pada tahun 1869, Johann Wilhelm Hittorf belajar tabung debit dengan sinar energi membentang dari elektroda negatif, katoda. Sinar-sinar fluoresensi yang dihasilkan ketika mereka menabrak dinding gelas tabung, dan ketika terganggu oleh benda padat mereka melemparkan bayangan.

Pada 1870-an Goldstein melakukan penyelidikan sendiri dari tabung debit, dan dinamakan emisi cahaya, atau sinar katoda. Ia menemukan beberapa sifat penting sinar katoda, yang memberikan kontribusi untuk identifikasi kemudian mereka sebagai partikel subatomik pertama, elektron. Dia menemukan bahwa sinar katoda yang dipancarkan tegak lurus dari permukaan logam, dan membawa energi. Ia berusaha untuk mengukur kecepatan mereka dengan pergeseran Doppler garis-garis spektral dalam cahaya yang dipancarkan oleh tabung Crookes.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.