Submit

Thursday 29 September 2011

1
Joseph John Thomson

Do you want to share?

Do you like this story?

Joseph John Thomson lahir di Cheetham Hill, pinggiran kota Manchester pada tanggal 18 Desember 1856. Dia terdaftar di Owens College, Manchester, pada tahun 1870, dan pada tahun 1876 memasuki Trinity College, Cambridge sebagai seorang sarjana kecil. Dia adalah Cavendish Profesor Fisika Eksperimental di Cambridge, di mana ia menjadi Profesor Kehormatan Fisika, Cambridge dan Royal Institution, London.

Minat awal Thomson dalam struktur atom tercermin dalam risalahnya pada Gerak Vortex Rings (Treatise on the Motion of Vortex Rings) yang membuatnya memenangkan Adams Prize pada tahun 1884. Aplikasi Dinamikanya untuk Fisika dan Kimia (Application of Dynamics to Physics and Chemistry) muncul pada tahun 1886, dan pada 1892 ia telah menerbitkan Catatan pada Penelitian terbaru di Listrik dan Magnetisme (Notes on Recent Researches in Electricity and Magnetism).

Ini hasil kerja yang terakhir diperoleh, selanjutnya dibahas dengan penampilan yang terkenal "Risalah" James Clerk Maxwell dan sering disebut sebagai "volume ketiga Maxwell" ("the third volume of Maxwell"). Thomson bekerja sama dengan Profesor JH Poynting dalam empat jilid buku fisika, Properties Matter (Properties of Matter) dan tahun 1895 ia menghasilkan Elemen dari Teori Matematis Listrik dan Magnetisme (Elements of the Mathematical Theory of Electricity and Magnetism), edisi ke-5 yang muncul pada tahun 1921.

Pada tahun 1896, Thomson mengunjungi Amerika untuk memberikan kursus dari empat ceramah, dan ringkasan penelitiannya sekarang di Princeton. Kuliah ini yang kemudian diterbitkan sebagai Discharge of Electricity through Gases (1897). Sekembalinya dari Amerika, ia mencapai pekerjaan yang paling brilian dalam hidupnya - sebuah studi asli dari sinar katoda yang berpuncak pada penemuan elektron, yang diumumkan selama kuliah malam kepada Royal Institution pada Jumat, 30 April 1897. Bukunya, Konduksi Listrik melalui Gas (Conduction of Electricity through Gases), yang diterbitkan pada tahun 1903 digambarkan oleh Lord Rayleigh sebagai sebuah tinjauan dari "hari-hari besar Thomson di Laboratorium Cavendish". Edisi selanjutnya, ditulis dengan kolaborasi dengan anaknya, George, muncul dalam dua jilid (1928 dan 1933).

Thomson kembali ke Amerika pada tahun 1904 untuk memberikan enam kuliah electricity and matter di Universitas Yale. Kuliahnya berisi beberapa saran penting tentang struktur atom. Ia menemukan sebuah metode untuk memisahkan jenis atom dan molekul dengan menggunakan sinar positif, sebuah ide yang dikembangkan oleh Aston, Dempster dan lain-lain terhadap banyak penemuan isotop. Selain itu hanya disebutkan, ia menulis buku-buku, The Structure of Light (1907), The Corpuscular Theory of Matter (1907), Sinar Listrik Positif (Rays of Positive Electricity) (1913), The Electron in Chemistry (1923) dan otobiografinya, dan Recollections Refleksi (Recollections and Reflections) (1936), dan banyak terbitan lainnya.

Thomson, seorang penerima Order of Merit, gelar kebangsawanan pada tahun 1908. Ia terpilih Fellow dari Royal Society pada tahun 1884 dan Presiden selama 1916-1920, ia menerima Medali Royal dan Hughes pada tahun 1894 dan 1902, dan Medali Copley di 1914. Dia dianugerahi Medali Hodgkins (Smithsonian Institute, Washington) tahun 1902; Medali Franklin dan Medali Scott (Philadelphia), 1923; Medal Mascart (Paris), 1927; Medali Dalton (Manchester), 1931; dan Medali Faraday (Institute of Civil Engineers) pada tahun 1938.

Dia adalah Presiden British Association tahun 1909 (dan dari Bagian A pada 1896 dan 1931) dan dia memegang gelar doktor kehormatan dari Universitas Oxford, Dublin, London, Victoria, Columbia, Cambridge, Durham, Birmingham, Göttingen, Leeds, Oslo, Sorbonne, Edinburgh, Reading, Princeton, Glasgow, Johns Hopkins, Aberdeen, Athena, Cracow dan Philadelphia.

Pada tahun 1890, dia menikahi Rose Elisabeth, putri Sir George E. Paget, KCB. Mereka punya satu anak, sekarang Sir George Paget Thomson, Profesor Emeritus Fisika di Universitas London, yang dianugerahi Hadiah Nobel untuk Fisika pada tahun 1937, dan seorang putri.


Dari Nobel Lectures, Fisika 1901-1921, Elsevier Publishing Company, Amsterdam, 1967.

Ini otobiografi / biografi ini ditulis pada saat penghargaan dan pertama kali diterbitkan dalam seri buku Les Prix Nobel. Kemudian diedit dan di terbitkan ulang di Nobel Lectures. Untuk mengutip dokumen ini, tunjukkan selalu negara sumber seperti yang di atas.

Untuk informasi biografis lebih diperbarui, lihat: Thomson, Joseph John, Recollections dan Refleksi. G. Bell and Sons: London, 1936.


Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

1 comments:

kousalya said...

Hey, nice site you have here! Keep up the excellent work!


Property for Rent in Birmingham

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.