Submit

Tuesday 27 September 2011

3
Albert Einstein dan Teori Relativitas

Do you want to share?

Do you like this story?

Pada awal abad ke-20, dunia sains dibuat takjub oleh penemuan Albert Einstein, seorang ilmuwan dari Jerman, yang pada tahun 1905 mempublikasikan teori relativitas khusus (special relativity theory). Teori Relativitas yang dirumuskan E = mc2. Rumus yang menyatakan bahwa kecepatan cahaya adalah konstan. Selain itu, teori relativitas khusus yang dilontarkan Einstein berkaitan dengan materi dan cahaya yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi.

Sedangkan teori relativitas umum menyatakan, bahwa setiap benda bermassa menyebabkan ruang-waktu di sekitarnya melengkung (efek geodetic wrap). Melalui kedua teori relativitas itu, Einstein menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetis tidak sesuai dengan teori gerakan Newton. Gelombang elektromagnetis dibuktikan bergerak pada kecepatan yang konstan, tanpa dipengaruhi gerakan sang pengamat.

Inti pemikiran kedua teori tersebut menyatakan, dua pengamat yang bergerak relatif akan mendapatkan waktu dan interval ruang yang berbeda untuk kejadian yang sama. Meski begitu, isi hukum fisik akan terlihat sama oleh keduanya. Dengan ditemukannya teori relativitas, manusia bisa menjelaskan sifat-sifat materi dan struktur alam semesta.

Tetapi, benarkah Albert Einstein pencetus teori relativitas pertama? Karena di Barat sendiri, ada yang meragukan teori relativitas pertama kali ditemukan Einstein. Sebab, ada yang berpendapat bahwa teori relativitas pertama kali diungkapkan oleh Galileo Galilei dalam karyanya bertajuk Dialogue Concerning the World’s Two Chief Systems pada 1632.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

3 comments:

nuranuraniku.blogspot.com said...

ass
jadi tahu rumus E = mc2
bahwa kecepatan cahaya adalah konstan
sip postnya, nambah pengetahuan saya.

Tekim ZOne said...

@NURA : Trimakasih kunjungannya mbak, smg mmg bs menambanh pengetahuan. Hanya ingin berbagi mbak

Dodo Pujakesuma said...

@NURA : Trimakasih telah menyempatkan berkunjung mbak, smg mmg bs menambah pengetahuan kita bersama

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.