Submit

Saturday 10 September 2011

0
Teknologi Bioproses

Do you want to share?

Do you like this story?

Ada perbedaan antara Teknologi Bioproses dengan teknologi Biokimia. Teknologi Bioproses : merupakan perluasan teknik kima dengan mencakup penerapan disilin ilmu mesin, elektro dan teknik industri yang merupakan proses dasar dalam kehidupan sel-sel. Teknologi Bioproses difokuskan pada aplikasi prinsip-prinsip Teknik kimia yang mengandung Katalis Biologis, yang menggunakan sistem Bioteknologi.

Perlu diketahui perbedaan antara ahli biologi murni/biokimia murni dengan seorang insinyur tekink bioproses. Seorang insinyur biasanya mempunyai latar belakang yang bagus proses yang menyangkut persamaan/hukum-hukum fisika dan matematika. Kuat dalam hal rumus-rumus matematika yang ada dalam system yang kompleks. Sementara seorang ahli biokimia/biologi bagus dalam hal pembentukkan hipotesa, perencanaan percobaan dan interpretasi data dalam system yang kompleks.

Sehingga seorang insinyur dan ahli biologi/biokimia akan saling melengkapi pada suatu penelitian. Sebagai contoh kasus ada pada penemuan penicillin berikut.

Penicillin : bagaimana seorang insinyur bekerjasama dengan seorang ahli biologi.

Pada September 1928 Alexander Flemming di rumah sakit St. Mary's London mencoba mengisolasi bakteri Staphylococcus aureus. Teknik yang digunakan adalah dengan menumbuhkan bakteri pada larutan nutrien. Satu dari semua cawan penumbuhan terkontaminasi oleh partikel asing.

Seharusnya yang terkontaminasi itu dibuang, tapi Alexander Flemming tidak membuangnya, malahan tertarik dengan hal itu. Flemming melakukan penelitian yang berarti dengan kontaminan itu. Dia menemukan adanya sel yang dapat membunuh bakteri, yang dinamakan anti bakteri. Setelah diidentifikasi ternyata anti bakteri itu adalah Penicilium notatum dan akhirnya Flemming menamakan produknya dengan penisillin.

Setelah perang dunia II, Howard Floray dan Ernst chain mengembangkan hasil penelitian Flemming. Dengan memproduksi penicillin secara besar-besaran dan melakukan tes keefektifan penicillin tersebut. Jadi seorang biokimiawan melakukan penelitian tentang suatu hal, lalu diproses dengan teknologi Bioproses oleh insinyur teknik kimia.

Teknologi Bioproses | Tekim Zone | Zona Teknik Kimia

Gambar fotografi dari penemuan fleming Pensiliium notatum yang dapat menghambat aktifitas bakteri lain

Seorang insinyur teknik kimia memproduksi secara skala yang besar melalui fermentasi, karena perkembangan penemuan penicillin ini, bisa didapatkan melalui fermentasi.

Teknologi Bioproses | Tekim Zone | Zona Teknik Kimia

Skema proses produksi penesilin
Sumber : Bioproses Engeneering, Shuler dan Ragi

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.