Submit

Friday 9 September 2011

0
Bioteknologi

Do you want to share?

Do you like this story?

Dalam bukunya "Biochemical Engineering" Bailey mengatakan bahwa, Bioteknologi atau Biochemical Engineering adalah perpaduan antara ilmu-ilmu teknik, biologi dan kimia (Teknik Kimia dan Biokimia) seperti yang dapat digambarkan pada gambar berikut :

Bioteknologi | Tekim Zone | Zona Teknik Kimia
Diagram irisan hubungan antara ilmu-ilmu teknik dengan kimia dan biologi.
Sumber : Bailey dalam bukunya "Biochemical Engineering"

Sementara menurut ALLAN.T. BULL,et.al dalam bukunya "Biotechnologi International Trends and Perspective, organization for Economic and Development, Paris, 1982, Bioteknologi bukanlah suatu ilmu, tetapi merupakan suatu aktivitas multi disiplin yang terintegrasi antara ilmu (Mikrobiologi, Biokimia, Genetika dengan Rekayasa (Kimia dan Biokimia). Jadi bioteknologi adalah : merupakan penerapan atau aplikasi prinsip-prinsip ilmu dan rekayasa dalam pengolahan bahan menjadi barang dan jasa menggunakan agensia biologis (biological agents) seperti yang dapat dibuatkan diagramnya berikut :

Teknologi Bioproses | Tekim Zone | Zona Teknik Kimia
Diagram defenisi bioteknologi menurut Allan T Bull et al.
Sumber : Hand out kuliah dan Transparansi kuliah Bapak Drs. Achmad Ali. S

Bioteknologi biasanya menggunakan manipulasi genetika untuk mencapai tujuannya dimana yang paling penting dari bioteknologi adalah manipulasi sel secara genetika.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.