Submit

Sunday 11 September 2011

0
Henry Cavendish dan Penemuan Hidrogen

Do you want to share?

Do you like this story?

Fisikawan dan kimiawan Inggris Henry Cavendish (1731-1810) menentukan nilai konstanta universal gravitasi, membuat studi listrik dicatat, dan dikreditkan dengan penemuan komposisi hidrogen dan air. Cavendish juga dikreditkan dengan salah satu perhitungan yang akurat awal dari massa bumi. Perkiraan terbaik saat ini untuk massa bumi adalah 5.972.500.000 triliun ton, perbedaan hanya sekitar 1% dari pengukuran Cavendish.

Henry Cavendish lahir pada 10 Oktober 1731 anak sulung Charles dan Lady Anne Cavendish Grey. Ia masuk Peterhouse, Cambridge, pada 1749 dan meninggalkannya setelah 2 tahun tanpa gelar. Dia tidak pernah menikah dan begitu diketahui bahwa ada catatan kecil yang memiliki kehidupan sosial kecuali ada pertemuan sesekali dengan teman-teman ilmiah. Kematiannya (24 Februari 1810) dan dimakamkan di Gereja Saints Semua, Derby.

Cavendish kerja dan reputasi harus dipertimbangkan dalam dua bagian: satu berhubungan dengan karyanya yang diterbitkan, yang lain dengan jumlah besar tidak ia publikasikan. Selama hidupnya ia membuat penemuan penting dalam kimia terutama antara 1766 dan 1788 dan dalam listrik antara 1771 dan 1788. Pada 1798 ia menerbitkan sebuah makalah penting tunggal pada kepadatan bumi, namun minat pada pelajaran ini jelas berlangsung lama.

Kontribusi Kimia
Pada saat Cavendish mulai bekerja kimia nya, ahli kimia baru saja mulai mengakui bahwa "mengudara" yang berkembang dalam reaksi kimia banyak entitas yang berbeda dan bukan hanya modifikasi dari udara biasa. Cavendish melaporkan pekerjaan sendiri di "Three Papers Containing Experiments on Factitious Air" pada 1766. Makalah ini ditambahkan besar terhadap pengetahuan tentang pembentukan "udara terbakar" (hidrogen) oleh aksi asam encer pada logam. Cavendish juga membedakan pembentukan oksida nitrogen dari asam nitrat. Karakter kimia sejati mereka belum diketahui, namun deskripsi Cavendish dalam pengamatannya hampir logis yang sama seolah-olah dia berpikir dalam istilah modern, perbedaan utama adalah bahwa ia menggunakan terminologi dari teori phlogiston (yaitu, zat terbakar membebaskan ke sekitarnya prinsip perangsangan).

Prestasi besar lainnya Cavendish adalah perawatan eksperimental dan presisi. Ia mengukur kepadatan hidrogen, dan meskipun sosoknya adalah setengah apa yang seharusnya, itu adalah mengherankan bahwa ia bahkan menemukan urutan yang benar besarnya, mengingat betapa sulitnya untuk mengelola zat yang keras yang. Bukan berarti aparatur sedang mentah; mana teknik zamannya diperbolehkan, aparatur (seperti keseimbangan indah hidup di Royal Institution) mampu menjadi hasil olahan.

Contoh lain dari keahlian teknis Cavendish adalah Percobaan pada Rathbone-Tempat Air (1767), di mana ia menetapkan standar tertinggi ketelitian dan akurasi. Ini adalah klasik dari kimia analitik. Di dalamnya Cavendish juga meneliti fenomena retensi "bumi berkapur" (kapur, kalsium karbonat) dalam larutan, dan dengan berbuat demikian ia menemukan reaksi reversibel antara karbonat kalsium dan karbon dioksida untuk membentuk kalsium bikarbonat, penyebab kekerasan sementara air. Ia juga menemukan cara untuk melunakkan air seperti dengan menambahkan kapur (kalsium hidroksida).

Cavendish mendekati sebagian besar penyelidikan melalui pengukuran kuantitatif. Dalam rangka membangun bahwa gas hidrogen zat yang sama sekali berbeda dari udara biasa, ia menghitung kepadatan mereka serta kepadatan gas-gas lainnya.

Ia menemukan bahwa udara umum, serta udara yang dibawa oleh balon dari atmosfer atas, terdiri dari nitrogen dalam rasio 04:01 dengan volume. Ia juga menunjukkan bahwa air terdiri dari oksigen dan hidrogen. Ia mengukur kalor fusi dan penguapan serta memanaskan spesifik dan orang-orang dari pencampuran solusi dalam air. Pengukuran Cavendish dari titik pembekuan berbagai solusi menunjukkan adanya komposisi yang menghasilkan poin pembekuan maksimum dan minimum.

Cavendish membandingkan konduktivitas listrik larutan elektrolit setara dan menyatakan versi dari hukum Ohm. Pekerjaan besar terakhir-nya adalah pengukuran pertama dari konstanta gravitasi Sir Isaac Newton, bersama dengan massa dan kepadatan Bumi. Keakuratan percobaan ini tidak diperbaiki selama hampir satu abad. Eksperimennya pada listrik hanya diterbitkan abad setelah mereka dilakukan, ketika Maxwell menemukan kembali mereka pada tahun 1879.

Penelitian Listrik
Cavendish diterbitkan hanya sebagian kecil dari bukti eksperimental ia telah tersedia untuk mendukung teori-teorinya, tetapi sezamannya yakin atas kebenaran dari kesimpulannya. Dia bukan orang pertama yang mendalam hukum yang terbalik-persegi tarik elektrostatik, tapi eksposisi Cavendish, sebagian didasarkan pada penalaran matematika, adalah yang paling efektif. Ia mendirikan studi tentang sifat-sifat dielektrik dan juga dibedakan dengan jelas antara kuantitas listrik dan apa yang sekarang disebut potensial.

Cavendish memiliki kemampuan untuk membuat hasil studi terbatas tampaknya jauh hasil. Contohnya adalah studi tentang asal-usul kemampuan ikan untuk memberikan sengatan listrik. Dia terdiri ikan imitasi dari kulit dan kayu, direndam dalam air garam, dengan lampiran timah mewakili organ ikan yang menghasilkan efek. Dengan menggunakan stoples Leiden untuk mengisi organ imitasi, ia mampu menunjukkan bahwa hasil yang seluruhnya konsisten dengan ikan yang mampu menghasilkan listrik. Investigasi ini merupakan salah satu paling awal di mana konduktivitas larutan berair dipelajari.

Cavendish mulai belajar panas dengan ayahnya, kemudian kembali ke subjek di 1773-1776 dengan studi instrumen Royal Society meteorologi, dalam perjalanan yang ia bekerja di luar koreksi yang paling penting untuk dipekerjakan dalam thermometry akurat. Pada 1783 ia menerbitkan sebuah studi tentang cara menentukan titik beku air raksa. Di dalamnya ia menambahkan kesepakatan yang baik untuk teori umum dari fusi dan pembekuan dan perubahan panas laten yang mendampingi mereka.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

0 comments:

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.