Submit

Friday 23 September 2011

1
Struktur Atom

Do you want to share?

Do you like this story?

Atom merupakan bagian partikel terkecil dari materi yang sudah ada sejak zaman Yunani purba. Kata "atom" sendiri berasal dari Demokritos dan Leukipos, filsuf Yunani pada abad ke-5 sebelum Masehi, yang berarti "tidak terpecahkan". Konsep atom ini kemudian dihidupkan kembali oleh John Dalton (1766-1844) pada awal abad ke-19 melalui teorinya.

John Dalton serta para ilmuwan lainnya yang sezaman dengan dia masih beranggapan bahwa atom merupakan bola kecil yang kompak dan tidak dapat dibagi-bagi atau dipecahkan menjadi partikel-partikel yang lebih sederhana. Anggapan ini ternyata tidak benar, sebab kini kita mengetahui bahwa atom tersusun dari pertikel-partikel yang lebih kecil lagi. Dengan kata lain, atom memiliki suatu struktur tertentu.

Berbagai percobaan dilakukan dan telah membuahkan hasil berupa berbagai konsep atau teori yang luar biasa yang dapat menjelaskan banyak masalah. Ternyata atom bukanlah partikel yang tidak terbagi.

Atom terdiri atas bagian-bagian yang lebih kecil lagi yang disebut partikel-partikel sub atom, yaitu proton (p), elektron (e) dan netron (n). Namun demikian, istilah atom tetap digunakan dan penemuan ini tidak memperkecil nilai teori atom Dalton. Dan Dalton telah meletakkan dasar perkembangan teori modern.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

1 comments:

Hitam Putih Kehidupan said...

artikel yang bagus sob

bisa sebagai referensi soal struktur atom

thx

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.