Submit

Friday 16 September 2011

2
Catatan Termodinamika

Do you want to share?

Do you like this story?

Termodinamika mencakup hubungan-hubungan atara sifat sistem pada kesetimbangan dan perbedaan-perbedaan sifat antara berbagai keadaan setimbang. Tak ada hubungannya dengan waktu. Meskipun demikian, ilmu tersebut merupakan alat yang paling ampuh dalam kimia fisika. Hukum pertama termodinamika berurusan dengan banyaknya kerja yang dapat dilakukan oleh proses kimia atau fisika dan banykanya kalor yang dapat diserap atau dilepaskan.

Berdasarkan hukum pertama termodinamika maka mungkin untuk menyusun tabel entalpi pembentukan yang dapat digunakan untuk menghitung perubahan entalpi dan reaksi yang belum dipelajari. Dengan adanya keterangan mengenai kapasitas kalor pereaksi dan hasil reaksi, dimungkinkan untuk menghitung kalor reaksi pada suhu yang semula belum dipelajari.

Hukum kedua termodinakima mencakup arah ilmiah dari proses dan masalah apakah suatu reaksi kimia tertentu dapat terjadi dengan sendirinya. Hukum kedua semula dirumuskan dalam istilah efisiensi mesin kalor, tetapi juga menuju ke definisi entropi, yang penting dalam penentuan arah perubahan kimia.

Hukum kedua memberikan dasar untuk definisi tetapan setimbang untuk suatu reaksi kimia. Ia memberi jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan, sampai sejauh apa reaksi khas ini berlangsung sebelum kesetimbangan tercapai? Ia juga memberikan dasar untuk ramalan yang dapat dipercaya mengenai efek suhu, tekanan, dan konsentrasi pada kesetimbangan kimia dan fisika.

Sedangkan hukum ketiga memberikan dasar untuk menghitung tetapan setimbang hanya dari penentuan kalorimetri. Ini adalah gambaran dari cara bagaimana termodinamika menghubungkan pengukuran pada sistem yang tampak tak berhubungan pada kesetimbangan.

Disini paham termodinamika mula-mula diterapkan pada kesetimbangan antara berbagai fasa. Ini memberikan dasar untuk perlakuan kuantitatif dari destilasi berfraksi dan untuk interpretasi perubahan fasa dalam campuran zat padat. Paham termodinamika kemudian diterapkan pada reaksi kimia.

Ingin artikel seperti diatas langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan.
Privacy guaranteed. We'll never share your info.
feedburner

Dengan memasukan alamat email dibawah ini, berarti anda akan dapat kiriman artikel terbaru dari Tekim ZOne di inbox anda:

2 comments:

nuranuraniku.blogspot.com said...

ass
saya jadi tahu hukum termodinamika
catatan bermanfaat
salam kenal juga
trims visitnya ke YOGYAKARTA

Unknown said...

@NURAterimakasih kunjunagannya kembali mbak..

Post a Comment

Jejak komentar Anda akan menjadi katalis perbaikan blog ini. Silahkan Anda berkontribusi sebagai katalis tersebut. Terimakasih.

 

About Dodo Pujakesuma

Dodo PujakesumaDodo Pujakesuma, yang baru saja mengenal dunia Blogging. Saat ini dia bekerja di sebuah perusahaan General Construction Contractor and Rental Equipment.

Anda dapat menemukan Dodo Pujakesuma di : Facebook dan menghubunginya di dodo.pujakesuma@yahoo.com
  
Segera konfirmasi email anda agar saya bisa mengirimkan artikel terbaru gratis ke email anda.